Senin, 01 Agustus 2016

Setting Sistim

Seting Sistim


Setting sistim dipakai untuk pengaturan global mypos seperti password admin, skin thema. Menu ini dapat anda akses melalui menu Setting->Setting System  atau anda bisa menekan tombol Ctrl+S

Administrator adalah password administrator ketika buka menu-menu yang memerlukan user akses admin, atau laporan-laporan tertentu

Supervisor adalah password yang diminta ketika perlu akses level supervisor, misalnya ketika anda menghapus barang yang sudah dijual/print, untuk user ini dapat anda lihat di seting user dengan job level sebagai supervisor.

Nama Komputer, adalah nama komputer yang dipakai sebagai kasir dan sebagai identifikasi untuk penyimpanan nota ke dalam data.

Alokasi Gudang, adalah identifikasi kode toko/outlet/gudang sebagai informasi pemotongan stock terhadap barang yang dijual di toko tersebut, kode disini adalah harus sama dengan daftar gudang yang ada pada aplikasi SIMAK Accounting (~lihat seting gudang~), dan harus terdaftar juga pada daftar gudang di menu setting kode gudang.

 

KodePajak/%, adalah kode pajak yang tampil di nota, defaultnya kode pajak adalah PPN dan persentasi untuk PPN adalah 10%

Discount%, adalah persentasi discount untuk tiap nota yang baru dibuat, defaultnya adalah 0

Nilai Pembulatan, adalah jumlah total pembulatan keatas dan dicatat sebagai lain-lain di nota, misal total belanja adalah 1575 akan dibulatkan menjadi 1600 dengan nilai pembulatan ke atas 100 rupiah.

Hitung lagi discount amount silahkan contreng seting ini kalau data yang akan dicetak akan dihitung ulang nilai discountnya, baik discount item atau discount total.

Tema¸ adalah skin tampilan untuk aplikasi mypos, defaultnya adalah tersedia 2 macam tema, macam-macam tema yang lainnya dapat anda download di http://www.talagasoft.com.

Batasan ubah harga dan discount, adalah pengaturan untuk membolehkan atau tidak mengubah discount dan harga untuk seluruh barang, gunakan tombol pengecualian untuk memilih barang yang boleh diubah harga atau discountnya oleh kasir.
Seting tersebut meliputi batasan-batasan yang boleh dilakukan oleh kasir, diantaranya:
- Ijinkan kasir mengubah harga barang (ada tombol kecuali item tertentu)
- Ijinkan kasir mengubah discount barang (ada tombol kecuali item tertentu)
- Ijinkan kasir input harga jual dibawah harga beli
- Ijinkan kasir untuk melihat laporan-laporan penjualan atau tidak
- Input discount boleh menggunakan discount rupiah / amount


Setting nomor bukti transaksi dipakai apabila anda ingin mengatur penomoran bukti-bukti transaksi secara otomatis sesuai dengan yang anda inginkan, seting penomoran ini terdiri atas:
- Penomoran nota penjualan
- Penomoran bukti penerimaan barang
- Penomoran bukti pengeluaran barang
- Penomoran bukti penyesuaian barang
- Penomoran bukti proses produksi /assembly
Pengaturan lebih lanjut tentang penomoran yang lebih flexible anda bisa menekan tombol yang ada disebelahnya.
Seting nomor ini ada bisa menentukan sesuai kehendak, misal nomor urut bisa di depan atau ditengah atau dibelakang.

Pengaturan tombol enter, anda bisa mengatur setelah memilih kode barang  cursor akan berpindah ke baris bawahnya atau ke kolom sebelah kanannya.

Jenis Laporan dipakai untuk pengaturan bentuk laporan anda bisa memilih menggunakan internal preview atau menggunakan file crystal report, untuk menggunakan file crystal pastikan di folder c:\MyPos ada file-file berekstensi *.rpt dan pastikan juga anda membuat ODBC dan memilih dari daftar pilihan ODBC dibawahnya.

Pilih ODBC, harus anda pilih kalau anda menggunakan jenis laporan crystal, agar terdaftar di pilihan anda silahkan buat ODBC Data Source di Control Panel Windows. Silahkan ikuti cara membuat ODBC disini kalau anda belum bisa membuatnya.

Buatkan pengeluaran untuk barang assembly anda boleh contreng apabila pada master kode barang anda adalah jenis assembly atau barang paket yang terdiri dari barang-barang lainnya, dengan contreng seting ini mypos secara otomatis akan membuat bukti pengeluaran barang-barang pendukung assembly, untuk membuat barang assembly silahkan lihat bagian membuat kode barang.

Tampilkan password ketika hapus baris transaksi, ketika anda menghapus satu baris transaksi barang yang dijual mypos akan meminta password level supervisor untuk memastikan bahwa supervisornya tahu bahwa barang yang dibeli pelanggan tidak jadi dibeli anda bisa mematikan fasilitas ini bisa mencontreng seting ini.

Bolehkan nomor voucher untuk non pelanggan, voucher secara default hanya diberikan kepada pelanggan yang sudah terdaftar saja, anda bisa mematikan seting ini apabila pelanggan atau non pelanggan boleh dikasih voucher.

Cetak nota menggunakan crystal,  secara default mypos akan mencetak nota langsung ke printer lewat port LPT1 atau port default window, namun anda juga bisa mengubah nota bisa dicetak / preview menggunakan file nota.rpt dan pastikan file nota.rpt ini ada di folder c:\mypos






Tidak ada komentar:

Posting Komentar